rpp 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Mata Pelajaran : Matematika

Pokok Bahasan : Fungsi

Satuan Pendidikan : SMP

Kelas/ Semester : VIII / I

Alokasi Waktu           : 2 X 40 menit

I. STANDAR KOMPETENSI

Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis

lurus.

II. KOMPETENSI DASAR

Membuat sketsa grafik fungsi aljabar sederhana pada sistem

koordinat kartesius.

III. INDIKATOR

  • Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan relasi dan fungsi.
  • Siswa dapat menentukan rumus fungsi jika nilainya diketahui. IV. TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa dapat :

  • Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan relasi dan fungsi.
  • Menentukan rumus fungsi jika nilainya diketahui.                                                       V. METODE PEMBELAJARAN
  • Ceramah Bervariasi
  • Tanya jawab
  • Penugasan
  1. MATERI PEMBELAJARAN

Soal Cerita Yang Berhubungan Dengan Relasi Dan Fungsi

Relasi dan fungsi dapat kita gunakan untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh :

1.  Lima orang siswi bernama Susi, Intan, Deti, Putri, dan Dewi. Susi dan Intan berbadan gemuk, sedangkan siswa yang lain tidak. Deti mempunyai wajah yang cantik sedangkan siswa yang lain tidak. Putri, dewi, dan Deti baik hati sedangkan siswa yang lain tidak.

a.  Buatlah diagram panah yang menghubungkan setiap anak dengan sifatnya!

b.  Siapakah yang mempunyai wajah cantik dan baik hati?

c.   Siapakah yang baik hati tetapi tidak cantik?

d.   Siapakah yang berbadan gemuk dan tidak baik hati?

Penyelesaian :

a.

b. Yang mempunyai wajah  cantik dan baik hati adalah Deti.

c. Yang baik hati tetapi tidak cantik adalah Putrid an Dewi.

d. Yang berbadan gemuk dan tidak baik hati adalah Susi dan Intan.

Menentukan Rumus Fungsi jika Nilainya Diketahui.

Misalkan fungsi f dinyatakan dengan f : x           ax + b, dengan a dan b konstanta dan x variable maka rumus fungsinya adalah f (x) = ax + b. Jika nilai variable x = m maka nilai f (m) = am + b dan seterusnya. Berdasarkan pengertian tersebut, kita dapat menentukan bentuk fungsi f jika diketahui nilai- nilai fungsinya.

Contoh :

1. Diketahui f (x) = 2x + a, untuk x bilangan real. Jika f (1) = 5 maka tentukan

bentuk fungsi f (x).

Penyelesaian :

Untuk  f(1) = 5

f (x) = 2x + a

f (1) = 2.1 +a

f (1) = 2 + a

5   = 2 + a

a   = 5 – 2

a   = 3

Jadi bentuk fungsi yang dimaksud adalah f (x) =  2x + a = 2x + 3

VII. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pendahuluan

1.         Guru membuka dengan salam dan bacaan basmalah.

2.         Guru memotivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan.

3.         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

Inti

1.      Guru memberikan contoh  dalam  menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan relasi dan fungsi.

2.      Guru memberikan beberapa soal tentang  menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan relasi dan fungsi dan siswa mengerjakan dengan bimbingan guru.

3.      Beberapa siswa ditunjuk untuk mengerjakan di depan kelas dan siswa yang lain menanggapi.

4.      Guru menjelaskan cara menentukan rumus fungsi jika nilainya diketahui.

5.      Guru memberikan contoh soal dalam menentukan rumus fungsi jika nilainya diketahui.

6.      Guru memberikan beberapa soal tentang  menentukan rumus fungsi jika nilainya diketahui dan siswa mengerjakan secara berkelompok dengan bimbingan guru.

7.      Beberapa siswa mewakili kelompoknya menunjukkan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi.

Penutup

1.      Guru membimbing siswa merangkum materi untuk memperoleh gambaran pemahaman siswa terhadap materi yang telah disampaikan.

2.      Guru memberikan PR

3.      Guru menutup dengan salam dan bacaan hamdalah.

VIII. MEDIA PEMBELAJARAN

Sumber :

  • Sujatmiko, Ponco. Matematika Kreatif 2. Solo. PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri,2005.
  • Cunayah,Cucun. Matematika: Ringkasan dan bank soal. Bandung. Yrama Widya,2004.

Alat:

  • Penggaris
  • Papan tulis
  • Spidol

IX. PENILAIAN

1.      Aspek yang dinilai      : kognitif, Afektif

2.      Jenis tagihan                : tugas individu

3.      Bentuk soal                 : uraian

Soal

1.  Untuk memberi kode pada harga barang-barang yang dijualnya, seorang

pedagang memilih himpunan huruf pada kata “ OBAT PUSING” yang

berkorespondensi satu- satu dengan himpunan angka 0, 1, 2, 3, . . ., 9 sebagai

berikut.

O B A T P U S I N G
0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Jika pada sebuah  barang tertulis  PUASA maka

a. Berapakah harga kulakan barang tersebut.

b. Berapakah harga kesepakatan antara penjual dan pembeli agar pedagang  untung Rp. 6.500,00.

2. Diketahui  f (x) = a + 3x, untuk x bilangan real, Jika f (1) =  6 maka tentukan

bentuk fungsi f (x).

Penilaian:

Nilai = jumlah skor   2

Surakarta, 27 Agustus 2010

Guru Pamong                                                          Praktikan,

( Nur Rohmah, S. Pd ) ( Yoga Sadewa )

NIP. 196711261988032003                                    NIM. A 410 070 114

Kunci

1)  a.       P         U        A        S         A

( Skor 5)

4           5          2        6          2

Jadi harga kulakan barang dengan kode PUASA adalah Rp. 45.262,00.   (skor 2)

b. Harga kesepakatan antara penjual dan pembeli adalah

Rp. 45.262,00 + Rp 6500,00 = Rp51. 762,00.             ( skor 5)

2) Untuk  f(1) = 6

f (x) = a + 3x

f (1) = a + 3.1

f (1) = a + 3

6   = a + 3

a   = 6 – 3

a   = 3      ( skor 5)

Jadi bentuk fungsi yang dimaksud adalah f (x) =  a + 3x = 3 + 3x         (skor 3)

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: