rpp 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Mata Pelajaran : Matematika

Pokok Bahasan : Fungsi

Satuan Pendidikan : SMP

Kelas/ Semester : VIII / I

Alokasi Waktu           : 2 X 40 menit

I. STANDAR KOMPETENSI

Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus.

II. KOMPETENSI DASAR

Menentukan nilai fungsi

III. INDIKATOR

  • Siswa dapat menghitung nilai fungsi
  • Siswa dapat menyatakan fungsi dalam diagram panah
  • Siswa dapat menyatakan fungsi dalam diagram cartesius
  • Siswa dapat menyatakan fungsi dalam himpunan pasangan berurutan
  1. TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa dapat :

  • Menghitung nilai fungsi.
  • Menyatakan fungsi dalam diagram panah
  • Menyatakan fungsi dalam diagram cartesius
  • Menyatakan fungsi dalam himpunan pasangan berurutan
  • Ceramah Bervariasi
  • Tanya jawab
  • Penugasan
  1. METODE PEMBELAJARAN
  1. MATERI PEMBELAJARAN

Pemetaan atau fungsi dari himpunan A ke himpunan B biasanya ditulis atau diberi nama dengan huruf  kecil, misalnya f dan ditulis f: A       B artinya f memetakan setiap anggota-anggota dari himpunan A ke setiap anggota-anggota dari himpunan B.

Jika x anggota A(domain) dan y anggota B(kodomain), serta f memetakan x ke y maka hal ini dinotasikan dengan f : x       y , dibaca f memetakan x ke y  atau x dipetakan ke y oleh f.

Seperti pada relasi, fungsi dapat dinyatakan dengan 3 cara, yaitu :

  • Diagram panah
  • Diagram cartesius, dan
  • Himpunan pasangan berurutan

Contoh :

1.  Fungsi f didefinisikan oleh f : x        1 – 2x. Jika x anggota himpunan bilangan bulat     maka tentukan :

a. rumus fungsi f

b. nilai fungsi f untuk x = 3 dan x = 5

Penyelesaian :

a. Rumus fungsi f adalah f (x) = 1 – 2x

b. Nilai fungsi f  untuk x = 3          f (x) = 1 – 2x

f (3) = 1 – 2.3

f (3) = 1 – 6

f (3) = -5

untuk x = 5         f (x) = 1 – 2x

f (5) = 1 – 2.5

f (5) = 1 – 10

f (5) = -9

2.  Misalnya,  A = {2, 3, 5} dan B = {-3, -2, -1, 0, 1, 2 }

Jika fungsi f : A        B ditentukan dengan  f (x) = x – 5, maka nyatakan fungsi di atas dalam bentuk :

a. Diagram panah

b. Diagram cartesius

c. Himpunan pasangan berurutan

Penyelesaian :                                                          Domain     = { 2, 3, 5 }

f (x) = x – 5                                                             Kodomain =  {-3, -2, -1, 0, 1, 2 }

untuk x = 2           f (x) = x – 5                                Range        = { -3, -2, 0 }

f (2) = 2 – 5

f (2) = -3

untuk x = 3           f (3) = x – 5

f (3) = 3 – 5

f (3) = -2

untuk x = 5           f (5) = x – 5

f (5) = 5 – 5

f (5) = 0

 

B

a. Diagram panah                                        b. Diagram cartesius

A                             B

 

 

A

5

-1

4

3

2

1

0

 

 

 

c. Himpunan pasangan berurutannya adalah {( 2. -3), ( 3, -2), ( 5, 0)}

 

VII. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pendahuluan

1.         Guru membuka dengan salam dan bacaan basmalah.

2.         Guru memotivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan.

3.         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

Inti

1.      Guru menjelaskan tentang nilai fungsi dan siswa memperhatikannya.

2.      Guru memberikan contoh soal nilai fungsi.

3.      Guru memberikan beberapa soal menentukan nilai fungsi dan siswa dibimbing untuk mengerjakan.

4.      Beberapa siswa ditunjuk untuk mengerjakan di depan kelas dan siswa yang lain menanggapi.

5.      Guru menjelaskan cara menyatakan fungsi dengan diagram panah, diagram cartesius, dan himpunan pasangan berurutan.

6.      Guru memberikan contoh soal menyatakan fungsi dalam bentuk diagram panah,  diagram cartesius, dan himpunan pasangan berurutan.

7.      Guru memberikan beberapa soal menyatakan fungsi dalam bentuk diagram panah,  diagram cartesius, dan himpunan pasangan berurutan dan siswa dibimbing untuk mengerjakan.

8.      Beberapa siswa ditunjuk untuk mengerjakan di depan kelas dan siswa yang lain menanggapi.

 

Penutup

1.      Guru membimbing siswa merangkum materi untuk memperoleh gambaran pemahaman siswa terhadap materi yang telah disampaikan.

2.      Guru memberikan PR

3.      Guru menutup dengan salam dan bacaan hamdalah.

 

 

 

 

VIII. MEDIA PEMBELAJARAN

Sumber :

  • Sujatmiko, Ponco. Matematika Kreatif 2. Solo. PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri,2005.
  • Cunayah,Cucun. Matematika: Ringkasan dan bank soal. Bandung. Yrama Widya,2004.

Alat:

  • Penggaris
  • Papan tulis
  • Spidol

 

IX. PENILAIAN

1.      Aspek yang dinilai      : kognitif

2.      Jenis tagihan                : tugas individu

3.      Bentuk soal                 : uraian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Soal

1.  Fungsi f didefinisikan oleh f : x        6 – 2x. Jika x anggota himpunan bilangan bulat  maka tentukan :

a. rumus fungsi f

b. nilai fungsi f untuk x = {1, 2 ,3, 4, 5}

 

2.  Misalnya,  A = {1, 2, 3} dan B = {1, 3, 5, 7, 9 }

Jika fungsi f : A       B ditentukan dengan  f (x) = 2x – 1, maka nyatakan fungsi di atas dalam bentuk :

a. Diagram panah

b. Diagram cartesius

c. Himpunan pasangan berurutan

 

 

 

 

Penilaian:

Nilai = jumlah skor   3

 

 

 

Surakarta, 20 Agustus 2010

 

Guru Pamong                                                               Praktikan,

 

 

( Nur Rohmah, S. Pd ) ( Yoga Sadewa )

NIP. 196711261988032003                                            NIM. A 410 070 114

 

 

 

Kunci

1.      a. Rumus fungsi f adalah f (x) = 6 – 2x                                                  (skor 2)

 

b. Nilai fungsi f  untuk x = 1           f (x) = 6 – 2x

f (1) = 6 – 2.1                                (skor 2)

f (1) = 6 – 2

f (1) = 4

untuk x = 2           f (x) = 6 – 2x

f (2) = 6 – 2.2                                (skor 2)

f (2) = 6 – 4

f (2) = 2

untuk x = 3           f (x) = 6 – 2x

f (3) = 6 – 2.3                                (skor 2)

f (3) = 6 – 6

f (3) = 0

untuk x = 4           f (x) = 6 – 2x

f (4) = 6 – 2.4                                (skor 2)

f (4) = 6 – 8

f (4) = -2

untuk x = 5            f (x) = 6 – 2x

f (4) = 6 – 2.5                                (skor 2)

f (4) = 6 – 10

f (4) = -4

 

2.         f (x) =2 x – 1                                                   Domain     = { 1, 2, 3}

untuk x =  1            f (x) = 2x – 1                   Kodomain = {1, 3, 5, 7, 9 }

f (1) = 2.1 – 1                     Range       = { 1, 3, 5}

f (1) = 2 – 1

f (1) = 1                                                                (skor 2)

 

 

untuk x =  2            f (x) = 2x – 1

f (2) = 2.2 – 1                                                      (skor 2)

f (2) = 4 – 1

f (2) = 3

 

untuk x = 3             f (x) = 2x – 1

f (3) = 2.3 – 1                                                       (skor 2)

f (3) = 6 – 1

f (3) = 5

 

B

a. Diagram panah                                                        b. Diagram cartesius

6

A                     B

5

 

4

3

 

 

 

A

4

3

2

1

(skor 5)                                                                          0

 

(skor 5)

 

 

c. Himpunan pasangan berurutannya adalah  {(1, 1), (2, 3), (3, 5)}   (skor 2)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: